.: Selamat Datang di Situs Resmi Dinas Perizinan Pemerintah Kota Yogyakarta:.                                                                                                                                                                                                                                                                        .:Keluarga Besar Dinas Perizinan Kota Yogyakarta Mengucapkan Selamat Natal dan Tahun Baru 2014:.                           
  • Kantor Dinas Perizinan Kota Yogyakarta
  • Pelayanan Perizinan Secara Online untuk izin yang tidak memerlukan tinjauan lapangan seperti Penelitian, KKN, PKL, SIUP dan TDP
    selengkapnya
  • Dinas Perizinan Kota Yogyakarta telah bersertifikat ISO 9001:2008
  • Uruslah Sendiri Permmohonan Izin Anda, Jangan Persulit dengan Melalui Perantara / CALO..
  • Diantarnya adalah:
    » Penghargaan Untuk Kota Yogyakarta dari Ketua "BKPM INVESTMENT AWARD" (Pelayanan perijinan yang mendukung investasi) 2007
    » Penghargaan Untuk Kota Yogyakarta dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara "CITRA PELAYANAN PRIMA" (Kinerja Pelayanan Publik) 2008
Berita
Hits: 1100 | Ditulis pada: 01/08/2011 00:00

Hari Pertama Puasa, Pengurusan Perizinan Sepi

Senin, 01 Agustus 2011 09:59:00

 

YOGYA (KRjogja.com) - Hari pertama puasa bulan Ramdhan, aktivitas pelayanan sepi terlihat di kawasan Dinas Perizinan Kota Yogyakarta, Senin (1/8). Di instansi ini, jumlah orang yang mengurus perizinan tidak banyak, berbeda dengan suasana pada hari-hari biasa.
Menurut Kabid Pelayanan Dinas Perizinan Kota Yogyakarta, Yulianto, setiap awal puasa, jumlah pengurus izin di tempat ini memang mengalami penurunan antara 10 hingga 30 persen. Hal ini biasa terjadi pada minggu pertama dan minggu terakhir Ramadhan.
"Biasanya minggu pertama dan terakhir mengalami penurunan, tetapi tetap masih ada pengunjung. Biasanya pada minggu kedua dan ketiga, sudah mulai ramai kembali dan normal," ujar Yulianto di ruang kerjanya.
Yulianto meneruskan, dari 34 jenis ijin yang dilayani Dinas Perizinan Kota Yogyakarta, biasanya yang banyak berkurang adalah pengurusan Izin Mendirikan Bbangunan (IMB). Selain itu, izin penelitian mahasiswa juga banyak berkurang sewaktu bulan puasa. “Pengurangannya biasanya tidak terlalu banyak, tidak sampai 40 persen," imbuhnya.
Yulianto menambahkan, jam kerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kota Yogyakarta pada puasa yakni pukul 08.00 WIB hingga 15.00 WIB untuk hari Senin sampai Kamis dan pukul 08.00 WIB hingga 14.00 WIB untuk hari Jumat. Sementara untuk pelayanan di Dinas Perizinan Kota Yogyakarta akan buka pada pukul 08.00 WIB hingga 14.00 WIB untuk hari Senin sampai Kamis dan 08.00 WIB hingga 13.00 WIB pada hari Jumat.
"Untuk satu jam sisanya pada Senin hingga Kamis dan setengah jam pada hari Jumat, kami gunakan untuk melakukan 'routing' dan administrasi, dimana kami memasukkan data dan melakukan rekap data-data yang masuk," pungkasnya. (Den)